Suku Kui – P. Alor, NTT

Suku Kui

Orang Kui berdiam di P. Alor, di daerah Kolana dan daerah Pureman sebagai bagian dari wilayah administratif Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Orang Kui merupakan satu kelompok yang jumlah anggotanya relatif kecil, namun mereka memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Kui.

Lihat juga: Kerajaan Kui

Lokasi Kecamatan Alor Barat Daya, P. Alor, NTT

————————-
Lokasi P. Alor


* Foto foto suku2 di p. Alor, klik di sini


Umum

Di pulau Alor ada beberapa suku.
Mereka sendiri terdiri atas sejumlah sub-suku bangsa, antara lain Abui, Alor, Belagar, Deing, Kabola, Kawel, Kelong, Kemang, Kramang, Kui, Lemma, Maneta, Mauta, Seboda, Wersin, dan Wuwuli. Pada masa lampau sub-sub suku bangsa tersebut masing-masing hidup terasing di daerah perbukitan dan pegunungan, terutama untuk menghindari peperangan dan tekanan dari dunia luar.

Suku Pantar, Etnis Dia’ang/ Dei’ing di Kab. Alor merupakan penduduk asli yang mendiami Pulau Pantar, Pura dan Pulau Alor.
Suku Abui adalah kelompok sosial yang berdiam di P. Alor. Mereka ini berdiam dalam wilayah-wilayah bernama Likuwatang, Malaikawata, Kelaisi, Tafuikadeli, Atimelang dan Motang.
Suku Blagar berdiam dalam wilayah pulau Pantar dan pulau Alor Barat Laut.
Suku Kui berdiam di P. Alor, di daerah Kolana dan daerah Pureman sebagai bagian dari wilayah administratif Kabupaten Alor.
Suku Kabola merupakan salah satu duku di Alor yang mendiami daratan Pulau Alor, Pantar dan pulau-pulau kecil di antaranya.


Tentang Suku Kui

Orang Kui merupakan satu kelompok yang jumlah anggotanya relatif kecil, namun mereka memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Kui. Mereka merupakan salah satu kelompok penduduk asal di wilayah Kabupaten Alor. Orang Kui ini hidup dari pertanian ladang. Tanaman utama adalah jagung, yang sekaligus sebagai makanan pokok mereka.

Suku Kui masih mempertahankan warisan budaya berupa kain tenun. Wanita di Suku Kui masih menekuni kerajinan tenun khas suku tersebut. Tanaman utama adalah jagung, yang sekaligus sebagai makanan pokok mereka.

Kerajaan Kui: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/alor-island/raja-of-kui/


Sumber:

– Melalatoa, J. 1995. Ensiklopedi Sukubangsa di Indonesia. Jilid A–K. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.



 

Blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: