Julah, kerajaan / Bali – kab. Buleleng

Kerajaan Julah terletak di pulau Bali, kab. Buleleng.

Lokasi pulau Bali

Lokasi kab. Buleleng


Sejarah kerajaan Julah

– Sumber dan lengkap: http://tamblang-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/2

Berdasarkan Prasasti Sembiran Nomor 351 bertahun 938 diceritakan suatu kerajaan kecil yang berlokasi di Desa Julah, dimana kerajaan itu diperintah oleh seorang ratu yang bernama Ratu Sri Adnyadewi.

Wilayah kekuasaan kerajaan ini meliputi daerah sekitarnya sampai jauh kepedalaman yaitu desa yang bernama Bayan Besti (Bayad). Bayan Besti (Bayad) pada saat itu sudah merupakan desa (daerah pemukiman) penduduk yang tata pemerintahannya sudah sangat teratur berkat pimpinan seorang warga Pasek yang diutus oleh Dalem Ketut Nglesir untuk pergi ke Bali Utara dalam rangka menyatukan penduduk Bali Asli (Bali Age). Pasek yang diutus tersebut kemudian menetap di Desa Bayan Besti (Bayad) dan langsung mengemban masyarakat disana, karena itulah Katut Pasek itu terkenal dengan nama Ki Pasek Bayad.

Kemudian diceritakan bahwa Ki Pasek Bayad ini disamping sebagai pemegang tampuk pemerintahan di Desa Bayan Besti (Bayad), beliau juga terkenal sebagai Balian Sakti dan keloktah, serta sangat Dermawan. Pada suatu ketika timbulah suatu huru-hara di pusat Kerajaan Julah, karena kerajaan tersebut diserang oleh Bajak Laut sehingga kerajaan hancur dan penduduknya cerai berai, kekacauan ini merambat sampai ke Bayad, bahkan para Bajak laut tersebut memusatkan kekuataanya di Desa Bayad dan membuat markas.


Sumber

– Desa Julah: https://dispar.bulelengkab.go.id/pariwisata/wisata-budaya/desa-tua-julah-57
– Desa Julah: https://koranbuleleng.com/2016/05/16/julah-dengan-sistem-pemerintahan-kuno-yang-lestari-di-jaman-modern/
– Desa Julah: http://tamblang-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/2