Pamona, kerajaan / Prov. Sulawesi Tengah – wilayah Poso

Kerajaan Pamona terletak di prov. Sulawesi Tengah, wilayah Poso. Kerajaan ini berdiri abad ke-17.
Raja atau Datu pertama yang memimpin kerajaan Pamona adalah Lele Alu yang kemudian bergelar Rumbenunu.

Lokasi kabupaten Poso


Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link


Garis kerajaan-kerajaan di Sulawesi: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sulawesi

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link
* Foto istana kerajaan2 di Sulawesi: link


KERAJAAN PAMONA

Sejarah kerajaan Pamona

Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link

Menurut penuturan lisan masyarakat yang hidup di Pamona Selatan, kerajaan Lamusa didirikan oleh keturunan Raja Pamona. Keturunan Raja Pamona yang ditawan oleh Datu Luwu setelah menikah dengan bangsawan Luwu kemudian menetap di Lamusa dan menjadi kerajaan Satelit dari kerajaan Luwu. Berikut ini sekilas cerita mengenai kerajaan Pamona yang merupakan leluhur dari Kerajaan Lamusa.

Kerajaan Pamona (bahasa Inggris: Kingdom of Pamona), adalah sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Poso, Sulawesi Tengah. Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-17. Raja atau Datu pertama yang memimpin kerajaan Pamona adalah Lele Alu yang kemudian bergelar Rumbenunu.
Kerajaan Pamona menganut sistem pemerintahan tradisional, yaitu rakyat harus mengikuti perintah yang diberikan oleh Wa’angkabosenya, seperti memberikan hasil panen sebagai bentuk pengakuan kepadanya.
Menurut tradisi lisan yang beredar di masyarakat, raja pertamanya adalah Lelealu, atau lebih dikenal dengan nama Rumbenunu. Dalam cerita rakyat Poso, leluhur Rumbenunu adalah seseorang yang berasal dari langit, atau dapat dikatakan sebagai dewa. Rumbenunu sendiri dikisahkan sebagai seorang petualang dan penjelajah yang kemudian diangkat oleh masyarakat sebagai Datu (Raja) Pamona.

Zaman dahulu dinegeri ini, terdapat suatu kerajaan yang namanya kerajaan Pamona. Kedudukannya kerajaan ini bertempat di bukit Pamona di tepi Danau Poso (sekarang tempatnya di sebelah barat kota Tentena).

Kerajaan Pamona ini adalah suatu kerajaan yang besar. Pada mulanya kerajaan Pamona diperintah oleh seorang Datu yang namanya Rombenunu. Datu (Raja) ini menurut kepercayaan suku Pamona adalah seorang dari keturunan Lasaeo dalam perkawinannya dengan Rumongi kemudian mendapatkan anak yaitu Tuwuntjolo, dari Tuwuntjolo ini terdapatlah Rombenunu. Dalam pemerintahannya Rombenunu ini sangat adil dan bijaksana, negerinya luas kaya dengan hasil-hasil alam dan rakyatnya sangat banyak terhimpun dilembah tanah Pamona, oleh karena cara pemerintahannya yang adil itu dan bijaksana, ia sangat dikasihi oleh rakyatnya.


DAFTAR DAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI WILAYAH POSO

Untuk daftar dan sejarah kerajaan2 di wilayah Poso, klik di sini

Wilayah Poso (merah), 1580 M

Poso, 1580 M


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Sumber kerajaan Pamona

– Sejarah kerajaan Pamona: https://id.wikipedia.org/wiki/
– Sejarah kerajaan Pamona: https://uun-halimah.blogspot.com/2008/12/datu-pamona.html
– Suku Pamona: https://id.wikipedia.org/wiki/

– Kerajaan Lamusa: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sulawesi/lamusa-kerajaan-prov-sulawesi-tengah-wilayah-poso/


Suku Pamona


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: