Pamona, kerajaan / Prov. Sulawesi Tengah – wilayah Poso

Kerajaan Pamona terletak di prov. Sulawesi Tengah, wilayah Poso. Kerajaan ini berdiri abad ke-17.

Lokasi kabupaten Poso


* Foto foto kerajaan2 di wilayah Poso: link
* Foto foto raja2 di Sulawesi dulu: link
* Foto foto situs kuno di Sulawesi: link


Sejarah kerajaan Pamona

Menurut penuturan lisan masyarakat yang hidup di Pamona Selatan, Kerajaan Lamusa didirikan oleh keturunan Raja Pamona. Keturunan Raja Pamona yang ditawan oleh Datu Luwu setelah menikah dengan bangsawan Luwu kemudian menetap di Lamusa dan menjadi Kerajaan Satelit dari Kerajaan Luwu. Berikut ini sekilas cerita mengenai Kerajaan Pamona yang merupakan leluhur dari Kerajaan Lamusa.

Kerajaan Pamona (bahasa Inggris: Kingdom of Pamona), adalah sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia. Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-17. Kerajaan Pamona menganut sistem pemerintahan tradisional, yaitu rakyat harus mengikuti perintah yang diberikan oleh Wa’angkabosenya, seperti memberikan hasil panen sebagai bentuk pengakuan kepadanya.
Menurut tradisi lisan yang beredar di masyarakat, Raja pertamanya adalah Lelealu, atau lebih dikenal dengan nama Rumbenunu. Dalam cerita rakyat Poso, leluhur Rumbenunu adalah seseorang yang berasal dari langit, atau dapat dikatakan sebagai dewa. Rumbenunu sendiri dikisahkan sebagai seorang petualang dan penjelajah yang kemudian diangkat oleh masyarakat sebagai Datu (Raja) Pamona.

Tulisan di bawah diambil dari: https://www.facebook.com/notes/poso-dan-mori-bersatu/asal-usul-kerajaan-lamusa/154474471274041/
Zaman dahulu dinegeri ini, terdapat suatu kerajaan yang namanya Kerajaan Pamona. Kedudukannya kerajaan ini bertempat di bukit Pamona di tepi Danau Poso (sekarang tempatnya di sebelah barat kota Tentena).

Kerajaan Pamona ini adalah suatu kerajaan yang besar. Pada mulanya kerajaan Pamona diperintah oleh seorang Datu yang namanya Rombenunu. Datu (Raja) ini menurut kepercayaan suku Pamona adalah seorang dari keturunan Lasaeo dalam perkawinannya dengan Rumongi kemudian mendapatkan anak yaitu Tuwuntjolo, dari Tuwuntjolo ini terdapatlah Rombenunu. Dalam pemerintahannya Rombenunu ini sangat adil dan bijaksana, negerinya luas kaya dengan hasil-hasil alam dan rakyatnya sangat banyak terhimpun dilembah tanah Pamona, oleh karena cara pemerintahannya yang adil itu dan bijaksana, ia sangat dikasihi oleh rakyatnya.


Kerajaan kerajaan di wilayah Poso

Pada mulanya penduduk yang mendiami daerah Poso berada di bawah kekuasaan Pemerintah Raja-Raja yang terdiri dari:
* kerajaan Poso,
* kerajaan Napu,
* kerajaan Mori,
* kerajaan Tojo,
* kerajaan Una Una dan
* kerajaan Bungku
Kerajaan kerajaan ini satu sama lain tidak ada hubungannya.

Keenam wilayah kerajaan tersebut di atas pengaruh tiga kerajaan, yakni:
* Kerajaan Luwu,
* Kerajaan Sigi,
* Kesultanan Ternate.

Sejak tahun 1880 Pemerintah Hindia Belanda di Sulawesi Bagian Utara mulai menguasai Sulawesi Tengah dan secara berangsur-angsur berusaha untuk melepaskan pengaruh Raja Luwu dan Raja Sigi di daerah Poso.
Dari tahun 1880-an pemerintah Hindia Belanda mulai mengatur pemerintahan di Poso. Belanda berusaha meminimalkan pengaruh kerajaan-kerajaan lokal yang ada waktu itu yaitu kerajaan Poso, Napu, Mori, Tojo, Una Una, dan kerajaan Bungku.
Pada 1919 seluruh wilayah Sulawesi Tengah yang waktu itu masih tergabung dalam Keresidenan Manado dibagi menjadi dua wilayah Barat dan Timur yang disebut Afdeeling, yaitu: Afdeeling Donggala dengan ibu kotanya Donggala dan Afdeeling Poso dengan ibu kotanya kota Poso.

Di wilayah Poso ada beberapa kerajaan kerajaan kecil, yaitu:
* kerajaan Napu,
* kerajaan Bada,
* kerajaan Besoa,
* kerajaan Bancea,
* kerajaan Bakekau,
* kerajaan Leboni,
* kerajaan Watutau,
* kerajaan Ondae,
* kerajaan Pebato,
* kerajaan Lage,
* kerajaan Lore,
* kerajaan Pamona,
* kerajaan Lamusa.


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Sumber

– Kerajaan Pamona: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Pamona
– Suku Pamona: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Pamona
– Sejarah kerajaan Pamona: https://www.facebook.com/notes/poso-dan-mori-bersatu/asal-usul-kerajaan-lamusa/154474471274041/
– Tentang Datu Pamona: https://uun-halimah.blogspot.com/2008/12/datu-pamona.html

– Kerajaan Lamusa: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sulawesi/lamusa-kerajaan-prov-sulawesi-tengah-wilayah-poso/


Suku Pamona