Malabar, kerajaan / Jawa – wilayah kota Bandung

Kerajaan Malabar lokasinya terletak di sekitar Gunung Malabar, selatan Kota Bandung. Berdiri abad ke-4-5.
Kerajaan Malabar adalah satu di antara 46 kerajaan wilayah di bawah Kerajaan Tarumanagara.

Lokasi kota Bandung


* Foto foto Jawa dulu, situs kuno dan Batavia: link


Sejarah kerajaan Malabar

Dalam kaitannya dengan sejarah Bandung Raya, Pustaka Rajyaratya i Bhumi Nusantara mengungkapkan, pada saat Sang Purnawarman wafat dalam tahun 434 masehi, tercatat ada 46 kerajaan yang menjadi bawahannya. Satu diantaranya adalah Kerajaan Malabar yang lokasinya terletak di sekitar Gunung Malabar, selatan Kota Bandung.

Kerajaan Malabar ini erat hubungannya dengan kerajaan Indrapahasta di lereng gunung Ciremai (Cirebon). Kerajaan Indrapahasta didirikan oleh Maharesi Santanu, seorang pendeta Siwa berasal dari Lembah Gangga di Imdia.
Setelah Santanu meninggal, putra sulungnya yang bernama Prabu Jayasatyanagara menggantikannya sebagai Raja dan memerintah negara selama 23 tahun (398-421). Ia menikah dengan Dewi Ratnamanik, putri Raja Malabar yang bernama Prabu Wisnubhumi. Jadi kerajaan Malabar besanan dengan kerajaan Indrapahasta.
Lereng gunung Malabar masih menyimpan misteri sejarah masa lalu dataran tinggi Bandung. Di sekeliling gunung itu banyak terdapat situs yang belum sempat diteliti oleh para ahli. Seperti “parit pertahanan” yang terdapat di Perkebunan Kina Argasari yang terletak di lereng malabar, belun dilacak oleh para sejarawan.

Gunung Malabar, Jawa


Sumber

– Sejarah kerajaan Malabar: http://bandoengers.blogspot.com/2010/02/wilayah-kerajaan-malabar.html
– Sejarah kerajaan Malabar: https://omdien.wordpress.com/2008/06/03/gunung-malabar-melebar-ke-semua-arah/