Balinggi, kerajaan / Sul. Tengah – Kab. Parigi Moutong

Kerajaan Balinggi terletak di kecamatan Balinggi, Kab. Parigi Moutong, provinsi Sulawesi Tengah.

Kab. Parigi Moutong

Kab. Parigi Moutong

Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah


* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


Tentang kerajaan Balinggi

Di rumah penghulu Balinggi ditemukan pula seorang laki-laki yang berasal dari sebuah batu. Keduanya pun dipelihara dan dibesarkan oleh penghulu kampung Balinggi itu dan mengumumkan pada masyarakatnya bahwa kedua orang itu akan dijadikan sepasang raja dan permaisuri karena mereka bukan manusia biasa, melainkan adalah dewa. Merekapun dikawinkan hingga lahirlah seorang anak laki-laki yang diberi nama “Siominanga”. Iapun mempunyai beberapa saudara hingga kedua orang tuanya mangkat.
Sebagai paengganti raja, diangkatlah Siominanga sebagai pengganti ayahnya. Ia dikenal dengan sebutan Mokole Siominanga, yang artinya raja Siominanga. Iapun tidak lagi menemui kesulitan untuk memerintah karena ia selalu bersama ayahnya sejak kecilnya. Ia juga disenangi oleh rakyatnya. Kerajaan Balinggi mencapai puncak kejayaan saat di bawah pemerintahannya. Beberapa raja yang iri hati seperti raja Bada, Lore, Napu, dan Besoa yang terletak di sebelah selatan kerajaan Balinggi. Tiga kali mereka menyerang kerajaan Balinggi. Serangan pertama dilancarkan oleh kerajaan Bada, namun berhasil dipatahkan oleh kerajaan Balinggi. Karena sakit hati, kerajaan Bada bergabung dengan kerajaan Napu untuk menyerang kerajaan Balianggi kembali, namun serangan tersebut masih berhasil dilumpuhkan oleh kerajaan Balinggi. Serangan selanjutnya kerajaan Bada, kerajaan Napu, dan kerajaan Besoa kembali bergabung untuk menyerang kerajaan Balinggi dan tetap berhasil mereka halau. Walaupun korban manusia berjatuhan hingga darah mengalir sungai yang membanjiri kampung-kampung.
Perang belum usai. Musuh yang sebenarnya, yaitu Belanda pun datang. Kerajaan Balinggi menolak kedatangan Belanda karena menurut kabar, mereka sangat sulit untuk diusir. Beberapa kali Belanda menyerang kerajaan Balinggi dengan persenjataan melalui jalur laut hingga kerajaan Balinggi dipukul mundur ke daerah kekuasaan mereka yang lain.


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Sumber

– Sejarah lengkap kerajaan Balinggi: https://axelanggarajamal.wordpress.com/2011/04/01/contoh-sinopsis-cerita-rakyat/#more-20


* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: