Koto Anau, nagari / Prov. Sumatera Barat – kab. Solok

Kerajaan Koto Anau terletak di Sumatera, provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok.
Kerajaan Koto Anau telah ada sejak abad ke-12.

The kingdom of Koto Anau is located on Sumatera, provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok.
This kingdom exists since the 12th century.
For english, click here

Kabupaten Solok, prov. Sumatera Barat


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link

* Foto raja-raja di Simalungun dulu: link
* Foto raja-raja kerajaan kecil di Aceh dulu: link

* Foto suku Minangkabau: link
* Foto suku Batak: link
* Foto situs kuno di Sumatera: link


Tentang raja sekarang (2020)

Keturuan kerajaan Koto Anau pernah menjadi wali nagari, Mohammad Saleh Dt Bagindo Yang Dipatuan (1902-1920) dan Thaher Dt Bagindo Yang Dipatuan (1946-1948).

Peninggalan kerajaan Koto Anau. Sumber: https://kotoanauno1.wordpress.com/tag/kerajaan-koto-anau/


Sejarah Nagari Koto Anau

Kerajaan Koto Anau telah ada sejak abad ke-12, di masa pemerintahan Pitalo Jombang yang menikah dengan Puti Sari Mayang yang merupakan kerabat Raja Melayu dari Jambi. Dalam buku “Koto Anau Dalam Tinjauan Historis dan Wisata” karangan Zusneli Zubir dinyatakan Raja Pagaruyung dan Raja Koto Anau memiliki hubungan kekerabatan , keduanya keturunan Kerajaan Melayu.

Menurut Abdurrahman, seorang pemangku adat di Koto Anau, penduduk Koto Anau yang mula-mula berasal dari daerah Kerajan Melayu. Pimpinan rombongannya adalah Rajo Kaciak. Rombongan ini kemudian bertemu dengan rombongan yang datang dari Pariangan melalui Guguk. Tidak dapat diketahui waktu yang tepat mengenai kedatangan penduduk yang pertama di Koto Anau.

.Dalam konfederasi Kubuang Tigo Baleh, Koto Anau dikenal sebagai adik, Guguak sebagai kakak, Solok sebagai mande (ibu), dan Selayo sebagai bapak (sumando). Sebagai mande Solok memiliki sembilan suku dan sembilan korong, Selayo sebagai bapak memiliki tiga belas suku dan tiga belas jorong, Guguk sebagai kakak memiliki enam suku dan tiga koto, dan Koto Anau sebagai adik memiliki tiga suku dan enam koto.

Istana Nagari Koto Anau

Lokasi Nagari Koto Anau

Nagari Koto Anau terletak di daerah Kubuang Tigo Baleh yang setelah Indonesia merdeka merupakan bagian dari Kabupaten Solok. Bekas wilayah Kerajaan Koto Anau kemudian disebut Kecamatan Lembang Jaya yang wilayahnya di samping meliputi Anam Koto di Dalam juga mencakup Ampek Koto Kapak Redai yang merupakan bekas Kerajaan Camin Taruih dan Kerajaan Camin Talayang yang kemudian menjadi wilayah Gunung Selasih IV-Koto yang meliputi Bukik Sileh, Salayo Tanang, Kampung Batu Dalam, dan Simpang Tanjung Nan Ampek.
– Sumber: http://kotoanaubisa.blogspot.co.id/2014/11/koto-anau-dari-sudut-histori.html

Rumah Gadang Jadul.
Ciri khas di Nagari Koto Anau sehubungan dengan pendirian rumah gadang adalah rumah tersebut harus menghadap ke Gunung Talang yang melambangkan bahwa Gunung Talang merupakan tempat yang dihormati oleh masyarakat Koto Anau. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat pra-Islam yang menganggap bahwa puncak gunung merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewi, sebagaimana Gunung Merapi yang sangat dihormati oleh masyarakat Luhak Tanah Datar.
Sumber: http://kotoanaubisa.blogspot.co.id/2014/11/koto-anau-dari-sudut-histori.html

Foto Rumah Gadang Jadul Ciri khas di Nagari Koto Anau sehubungan dengan pendirian rumah gadang adalah rumah tersebut harus menghadap ke Gunung Talang yang melambangkan bahwa Gunung Talang merupakan tempat yang dihormati oleh masyarakat Koto Anau. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat pra-Islam yang menganggap bahwa puncak gunung merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewi, sebagaimana Gunung Merapi yang sangat dihormati oleh masyarakat Luhak Tanah Datar.


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

Sejarah Nagari Koto Anau: http://kotoanaubisa.blogspot.co.id/2014/11/koto-anau-dari-sudut-histori.html
Sejarah Nagari Koto Anau: http://nagarikotoanau.blogspot.co.id/2014/11/sedikit-sejarah-kerajaan-koto-anau.html
– Tentang Nagari Koto Anau: https://dananwahyu.com/2013/10/06/istana-nagari-seribu-rumah-gadang/
– Tentang Nagari Koto Anau: http://desifitrie.blogspot.co.id/p/gemericik-air-mengalir-melalui-banda-di.html


Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: