Bambapuang, Kerajaan / Sulawesi Selatan – wilayah Enrekang

Kerajaan Bambapuang terletak di Sulawesi Selatan, wilayah Enrekang. Kerajaan ini adalah kerajaan tertua di Sulawesi Selatan.

Wilayah Enrekang

Provinsi Sulawesi Selatan


* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


Sekilas Sejarah Kerajaan Bambapuang, Kerajaan tertua di Sulawesi Selatan

 .
 (Oleh Muh. Muchtar Ro-e)
 .
LETTOMI ERAN DILANGI TALLANGMI LONDONGNA LURA (Patahlah tangga ke langit Tenggelamlah Kerajaan Bambapuang di Lura) Pada umumnya kerajaan di Sulawesi Selatan mengenal istilah TOMANURUNG dimana pada lontara di Endekan Massenrempulu Tomanurung di Bambapuang yang memerintah dan bersemayam di Puncak gunung Bambapuang dimana pada zaman itu/zaman Prasejarah gunung Bambapuang merupakan gunung yang tertinggi di Sulawesi Selatan. Di atas puncak gunung Bambapuang oleh Dewata telah menurunkan tiga orang Tomanurung yang diutus ke bumi dan berkembang menjadi keluarga besar. Ketiga Tomanurung tersebut masing-masing Tomanurung Wellangdilangi, Tomanurung Tamborolangi dan Tomanurung Embongbulan(wanita).
Bahwa umur manusia pada zaman itu rata-rata dapat mencapai sampai seribu tahun, maka ketiga Tomanurung tersebut setelah dewasa mereka mempunyai rencana untuk hidup mandiri. Pada suatu hari ketiganya meminta kepada Dewata agar mereka dapat meninggalkan puncak gunung Bambapuang dan sekaligus meminta diberi bekal kehidupan di dunia dan oleh Dewata ditetapkan sebagai berikut:
1. Tomanurung Wellangdilangi tetap tinggal di puncak Bambapuang dan kepadanya diberikan bekal untuk hidup di dunia berupa makanan yang cepat basi(padi). Tomanurung Wellangdilangi kawin dengan Maccirangka dan keluarga inilah yang turun temurun dan merupakan turunan keluarga raja-raja dari Bugis Makassar dan Mandar.
2. Tomanurung Tamborolangi diberi kesempatan boleh meninggalkan puncak gunung Bambapuang dan memilih menuju ke negeri Matarikkallo/Tana Toraja disana kawin dengan Sondabilik yang telah menjadi turunan raja-raja di Matarikkallo/Tana Toraja/Puang Makale.
3. Tomanurung Embongbulan/wanita diberi kesempatan meninggalkan puncak gunung Bambapuang dan memilih menyeberangi lautan dan menuju Kaluppini disana kawin dengan Palippada dan inilah menjadi turunan-turunan Sawerigading dan raja-raja di Luwu(Palopo).

Sumber

– Sejarah kerajaan Bambapuang: https://doerycmd.wordpress.com/2014/05/10/415/
Sejarah kerajaan Bambapuang: https://doeryikhwan.wordpress.com/2014/11/30/sekilas-sejarah-kerajaan-bambapuang-kerajaan-tertua-di-sulawesi-selatan/

– Sejarah Kabupaten Enrekang: https://massenrengpulu.wordpress.com/pertama/sejarah-kab-enrekang/
Sejarah Enrekang di Wiki: Wiki


 

 

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: