Prailiu, Kampung Raja Prailiu / P. Sumba – prov. Nusa Tenggara Timur

Kampung Raja Prailiu terletak di P. Sumba, kec. Kambera.

Lokasi Kampung Raja Prailiu di P. Sumba


* Video sejarah kerajaan2 di Sumba dan NTT, 40.000 SM – sekarang: link


* Foto raja-raja di P. Sumba yang masih ada: link
* Foto raja-raja dulu di P. Sumba: link
* Foto situs kuno / megalitik di pulau Sumba: link


KERAJAAN KAMPUNG RAJA PRAILIU

Keturunan raja

Kampung Raja Prailiu ini merupakan sebuah ibukota kerajaan Lewa Kambera yang saat ini belum memiliki raja baru setelah Umbu Djaka yang merupakan raja terakhir wafat pada tahun 2008. Walaupun begitu, keturunan langsung dari Raja Lewa masih menetap di Kampung Raja Prailiu ini yaitu Bapak Tamu Umbu Pingi Ai dan Adiknya Tamu Umbu Nggaba Rihi Eti.


Tentang kerajaan Kampung raja Prailiu

Prailiu merupakan salah satu kerajaan yang ada di Pulau Sumba dan masih eksis. Hanya setelah Umbu Djaka yang merupakan raja terakhir wafat pada 2008, belum ada pengangkatan raja baru.

Raja Tamu Umbu Djaka meninggal pada 2008 tapi baru dikuburkan setahun kemudian karena pemakamannya memerlukan dana besar. Makamnya berupa kubur batu dengan berat 40 ton.

Kalau dilihat dari sejarah kerajaan di pulau Sumba maka kampung adat Praing Prailiu masih bagian dari kerajaan Lewa Kambera yang di mana Praing Prailiu adalah ibu kota kedudukan terakhir dari kerajaan Lewa Kambera atau pada zaman Belanda disebut dengan swapraja.

Saat ini masih ada keturunan langsung dari raja Lewa Kambera yang mendiami kampung adat praingu prailiu atau menjadi pewaris dari kerajaan Lewa kambera yaitu Bapak Tamu Umbu Pingi Ai dan adiknya Tamu Umbu Nggaba Rihi Eti.
Kerajaan Lewa Kambera: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sumba/kerajaan-lewa/

Bapak Raja Prailiu foto bersama dengan Bapak Wakapolda NTT dan Kapolres Sumba Timur


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: