Padang Nunang Rao, kerajaan / Prov. Sumatera Barat – kab. Pasaman *

Kerajaan Padang Nunang Rao terletak di prov. Sumatera Barat, kab. Pasaman.

Kab. Pasaman

Prov. Sumatera Barat


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Sejarah kerajaan Padang Nunang Rao

Umum

Rao dan Pasaman umumnya dalam subkultur Minang merupakan rantau Luhak Agam yang kental menganut adat kelarasan Koto Piliang yang didirikan Datuk Ketumanggungan. Justru dalam tata pemerintahan masa Belanda, Pasaman (Ophir dan Lubuk Sikaping) adalah bagian integral wilayah Afdeling Agam yang controleur-nya ketika itu berkedudukan di Onder Afdeling Ophir yakni di Talu. Sebab itu pula sampai sekarang, dalam pemerintahan adatnya terutama pada jejak kerajaan Sapiah Balahan Pagaruyung yang ada di Pasaman (misalnya Kerjaan Padang Nunang Rao, Kerajaan Talu, Kerajaan Parik Batu Simpang Ampat, Kerajaan Kinali, Kerajaan Sontang [2] dsb) kental menganut aturan dan paham ketatanegaraan Koto Piliang. Kelarasan ini berpandangan bahwa lembaga raja, mulai dari Rajo Tigo Selo, amat dihormati dan status (kedudukan)-nya berada di atas segalanya.

Sejarah

Dalam konsep budaya Minangkabau, Rao merupakan wilayah rantau Minang di utara. Daerah ini menjadi bagian Kerajaan Pagaruyung sejak abad ke-16, yakni dengan ditempatkannya salah seorang raja yang bergelar Yang Dipertuan Padang Nunang. Pada masa kepemimpinan kaum Paderi, Rao merupakan salah satu pusat pengajaran Islam di Sumatera Tengah, khususnya untuk ilmu logika (mantiq) dan ma’ani.
Sejak kekalahan pasukan Paderi pada tahun 1838, Rao menjadi bagian kolonial Hindia-Belanda dan dimasukkan ke dalam karesidenan Padangsche Benedenlanden yang berpusat di Padang. Namun pada tahun 1891, pemerintah Hindia-Belanda menggabungkan Rao ke dalam wilayah residen Padangsche Bovenlanden yang berpusat di Bukittinggi.


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah Padang Nunang Rao: http://rao-selatan.pasamankab.go.id/profil-adat-dan-budaya.html#.Wgp_HTBx3IU
– Sejarah Padang Nunang Rao: https://minangel.wordpress.com/2017/04/04/rao-pasaman-dan-kerajaan-padang-nunang/
– Sejarah Pasaman, Rao di Wiki: https://id.wikipedia.org/wiki/Rao,_Pasaman
– Sejarah Padang Nunang Rao: http://salingkaminang.blogspot.co.id/2012/06/rao-pasaman-dan-kerajaan-padang-nunang.html


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: