Mandailing, kerajaan / Prov. Sumatera Utara

Kerajaan Mandailing teletak di provinsi Sumatera Utara. Kerajaan ini kerajaan Suku Mandailing.

Provinsi Sumatera Utara


Sejarah kerajaan Mandailing

Kerajaan Mandailing adalah sebuah Kerajaan yang disegani di seluruh nusantara bahkan dunia
Konon,kerajaan Mandailing ini memiliki kekuatan ghaib untuk menumpas lewan2 nya
Setelah Datu (Guru besar) wafat baru kekuatan nya kocar-kacir,di sini asal moyang marga Rangkuti dan Parinduri yakni Datu Janggu Marpayung Aji bernama Mandala Sena yang berkuasa pada abad ke-14 dengan nama Mandala Hilang.
Candi2 yang dibangun sejak abad ke-10 dan 11 bahkan jauh sabalum abad ke-10.

Keberadaan nama Mandailing telah terlukis pada syair ke 13 masa itu.
Tanah Mandailing telah hadir sekitar tahun 1365 M,dalam sejarah atas serangan Rajaendra Cola dari India pada tahun 1023 M ke Kerajaan Panai yang berlokasi di bagian hulu sungai Barumun/disepanjang aliran sungai Batang Pane mulai dari Binanga (Hulu Sungai Barumun dan Batang Pane-sekarang sudah pindah ke kawasan Unterudang) sampai daerah Portibi di Gunung Tua hingga ke Lembah Pegunungan Sibual-Buali di Sipirok (Marga Pane).

Konon, Mandailing berasal perkataan Mande Hilang (Bahasa Minangkabau) yaitu Ibu yang Hilang, ada pula menybutnya Munda Holing berarti Munda yang mengungsi pada tahun 1500 SM dari India Utara menuju Assam dan Asia Tenggara setelah Sungai Gangga dikuasai oleh bangsa Aryan.

Akibat terpukul nya Munda ini lalu mereka ada yang pindah ke Burma disebuah kota purba yang nama nya Mandalay, kemudian di usir oleh kaum asli Burma hingga menyeberangi Selat Malaka dan singgah di Sumatera melalui Pantai Barat yaitu Pelabuhan Barus.

Beberapa abad sebelum masehi, Barus sudah banyak didetgi berbagai bangsa dan menjadi pelabuhan terkenal dengan Kapur Barus nya, pernah juga ditemui koloni etnis Tamil dari India.

Abad ke-6 orang Munda ini telah berjaya mendirikan Poli di Pantai Timur Sumatera
Kerajaan ini dikenal Portibi/Puni.
Kerajaan Munda Holing ini hanya bertahan sampai abad ke-16.
Pada sekitar tahun 1030 kerajaan Hindia Selatan menaklukkan Munda berpindah ke Pidoli (Panyabungan) dan mendirikan Kerajaan Mandela Holing lagi.

Dalam perkembangan sejarah bahwa Kerajaan Mundalay Holing ini berjaya hingga abad ke-13 karena diserang oleh Kerajaan Singosari dari Tanah Jawa yang pimpin oleh Raja Kertanegara dengan mlncarkn Expedisi Pemelayuan pada tahun 1275.
Naman,dalam wakta singkat Mandala Holing jaya lagi mendirikan dan menjadi termasyur,karena itu Kerajaan Majapahit cemburu.
Pada tahun 1365 Majapahit menyerang nya lagi.
Dalam sumpah Palapa Gajahmada yang berbentuk syair Purba Jawa yang bertajuk Negaraketagama ditulis Mpu Prapanca dan dijmpai dari Puri Cakranegara Lombok terdapat pernyataan Mandailing adlh Negeri besar telah diserang dan itu menunjukkan bahwa telah lama sebelum nama Batak tercatat dalam pradapan sejarah.


Sumber

– Sejarah kerajaan Mandailing: https://www.facebook.com/notes/maliq-pahmi/kerajaan-mandailing-kerajaan-panai/324551797650966/
– Sejarah kerajaan Mandailing: http://warofweekly.blogspot.com/2011/03/sejarah-kerajaan-mandailing.html
– Suku Mandailing: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Mandailing
– Suku Mandailing: https://www.hitabatak.com/mengenal-lebih-dekat-batak-mandailing/