Kompleksitas Kerajaan Lore

Penulis: Pramaartha Pode, FB

Sebelum berdirinya Kerajaan Lore dipercayai telah ada lebih dulu Kerajaan Raba. Raba diartikan sebagai tanah yang turun ke bawah atau dengan kata lain wilayah yang membentuk suatu lembah yang ada di wilayah Pekurehua.

Yang ada dalam ingatan rakyat,pusat Kerajaan Laba berada di Lamba. Raja pertama dari Kerajaan Laba bernama Raba dan istrinya adalah Waba. Kerajaan Laba lalu berganti nama menjadi Kerajaan Pekurehua lalu dikenal lagi menjadi Kerajaan Lore.

Pasca Raja Laba yang berkedudukan di Lamba, tidak diketahui bagaimana struktur Kerajaan masyarakat Lore saat itu.

Yang ada dalam ingatan masyarakat pada akhir abad XIX (1800 – 1900), terdapat beberapa bangsawan berpengaruh dan tersebar di beberapa desa, seperti Ngkai Abu (Umana Aso) di desa Habingka, Ngkai “Sumpi” di Watutau dan Ngkai Rabeta (Umana Tosende).

Kisah mengenai Raja Lore, dimulai ketika putra Ngkai Abu bernama Pantula menikah dengan putri Ngkai Rabeta bernama Poindo yang lalu melahirkan 5 (lima) orang anak, yakni:

Pertama, Tado atau biasa disebut Umana Lolo, ditawan Belanda dan dibawa ke Menado.

Kedua, Inana Ngela (Perempuan)

Ketiga, Inana Do’u (perempuan)

Keempat, Polite (Perempuan)

Kelima, Makada (laki-laki), gugur dalam Perang Peore Juli 1907.

Ketika Umana Lolo ditawan Belanda dan belum diketahui keberadaannya hingga hari ini, dan ketika Makada, putra terakhir meninggal dalam perang Peore maka tinggal terdapat 3 (tiga) anak Perempuan, salah satunya adalah Polite

Polite kemudian dikenal merupakan Ibu dari Ngkai S. Kabo yang kemudian diangkat Belanda sebagai Raja Lore.

Dibalik kisah ini sesungguhnya kisah mengenai Napu sangat menarik untuk ditelusuri karena disamping tokoh yang berpengaruh Ngkai Abu, juga terapat sosok Oema i Soli yang dikenal Belanda dengan sangat baik.

Sehingga pada saat itu kalau kita liat setidaknya ada dua kekuatan besar di Napu yakni klan Ngkai Abu dan klan Oema i Soli.

Sejarah mencatat sebenarnya antara kedua klan ini sempat dipersatukan melalui perkawinan antara Nene Polite dan Ngkai Mbale yang adalah adik kandung dari Oema i Soli dan melahirkan seorang putri bernama Pemoso (Inana Magi).

Catatan:
Kalau dilihat dari silsilah maka Ngkai Abu berada dua lapis diatas Oema i Soli. Belum diketahui siapa kakek dari Oema I Soli yang kalau dilihat dari kronologisnya hidup sejaman dengan dengan Ngkai Abu.

—————————————————————————————————————————————————–

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: