Gantarang Lalang Bata (Selayar), kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Selayar

Kerajaan Gantarang Lalang Bata (Selayar) terletak di kab. Selayar, prov. Sulawesi Selatan.

Lokasi kab. Selayar


Tentang kerajaan Gantarang Lalang Bata (Selayar) dan keturunan raja sekarang (2021)

30 november 2016
Kerukunan Keluarga Kerajaan Gantarang Kabupaten Kepulauan Selayar mengadakan prosesi pencucian Keris Pusaka Kerajaan Gantarang di Pondok Bonerate Jl. Jend. Ahmad Yani.

Hadir dalam acara tersebut Bupati kepulauan Selayar M. Basli Ali sekaligus memberikan sambutan, Dewan Penasehat Dewan Adat Kabupaten Kepulauan Selayar H. Ince Langke IA, dihadiri pula Keluarga Besar Kerajaan Gantarang.
Seorang pencuci keris pusaka diapik 4 pangawal berpakaian putih dan diiringi irama music gandrang menjadikan prosesi menjadi begitu khitmat.


Sejarah kerajaan Gantarang Lalang Bata (Selayar)

Nama Gantarang telah banyak dipakai di beberapa daerah di wilayah Sulawesi selatan, seperti di Selayar, terdapat juga sebuah desa yang bernama Gantarang sebagai pusat penyebaran islam di daerah itu. Di Bulukumba juga berdirih sebuah daerah kerajaan yang berpusat di kota Bulukumba kini berubah menjadi kecamatan Gantarang, di Bantaeng juga terdapat nama Gantarang Keke sebagai salah satu desa di kecamatan Tompobulu.

Pulau Selayar memiliki beberapa kerajaan yaitu Gantarang, Buki, Putabangun, dan Saluk. Mereka telah membangun kerjasama perdagangan dengan berbagai wilayah di Nusantara.
Gantarang Lalang Bata kerajaan yang pernah berdiri di Selayar.

Pada abad ke-13 Kerajaan Gantarang Lalang Bata sebagai kerajaan besar di Selayar mendapat pengaruh dari   Kerajaan Majapahit.

Sekitar abad ke-12 seperti yang tersirat dalam buku negara kartagama pupuh XIV, kemudian pada abad ke-15  raja Gowa ke IX Daeng Matanre memasukkan Selayar dalam daerah kekuasaan  Gowa.

Berdasarkan cerita rakayat Selayar dimasa lalu sebelum masuknya penjajahan belanda dikenal ada ke-17 kerajaan kecil. Pada masa perkembangan selanjutnya tidak ditemukan adanya sumber-sumber tertulis sehingga sulit untuk menemukan data-datayang otentik akan tetapi untuk mempermudah penyusunan data sejarah kronologis, kita melihat pada zaman penjajahan.
Di daerah Selayar terdapat dua pusat kerajaan masing-masing berada dikawasan pulau-pulau dan daratan. Kerajaan yang berada dipulau-pulau diantaranya adalah: Distrik Tambolongan, Distrik kajuadi, Distrik Rajuni, Distrik Jampea, Distrik Lakao, Distrik Bonerate, Distrik Kalaotoa.
Kerajaan yang berada di daratan diantaranya adalah Distrik Gantarang, Distrik Tanete, Distrik Onto, Distrik Buki, Distrik Bonea, Distrik Benteng, Distrik Bontobangun, Distrik Ballabulo, Distrik Laiyolo, Distrik Barang-Barang.
Dari beberapa kerajaan diatas yang populer di kalangan masyarakat Selayar hingga sekarang adalah kerajaan Gantarang, Buki, Laiyolo dan Bontobangun.


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: