Suku Tolitoli – Sulawesi Tengah

Wilayah Suku Tolitoli adalah di Sulawesi, Kabupaten Buol Toli-Toli, Propinsi Sulawesi Tengah.

Wilayah Tolitoli

Provinsi Sulawesi Tengah

——————————————————————————————————————–
Lihat pula: Kerajaan Tolitoli

Tentang Suku Tolitoli

Suku Tolitoli mendiami suatu daerah yang membentang dari sebelah selatan Sojool Seoo Lenjuu, Pulau Taring hingga di sebelah utara Kuala Lakuan, Gunung Raeta dan Gunung Tabadak. Tamadika Dei Galang menghilang di Gunung Galang di Kecamatan Galang dengan mengendarai kuda warna merah, Tamadika Baolan menghilang di Desa Dadakitan dengan menunggang kuda kuning, sedangkan Boki Bulan menghilang di Gunung Tatanggalo dengan menunggang kuda putih. Ketiga manusia kayangan tersebut menurunkan suku Tolitoli.

Menurut kepercayaan masyarakat asli yang bermukim di sana, di Tando Kanau terdapat kekuatan supra natural. Pulau ini diyakini sebagai pusat kekuatan gaib yang bersumber dari Gunung Tatanggalo dan juga sebagai pusat pertemuan dunia gaib dari ketiga leluhur suku Tolitoli, yaitu Tamadika Baolan, Tamadika Dei Galang dan Boki Bulan. Selain itu, Tando Kanau juga merupakan cabang dunia gaib dari pusat dunia gaib di seluruh dunia yang berpusat di Uwentira di daerah Tanah Kaili, Palu.

Di Pulau Lutungan atau Tando Kanau terdapat Makam Raja kerajaan Tolitoli, Syaifuddin Bantilan, yang berkuasa dari tahun 1859 hingga 1867. Syaifuddin Bantilan adalah raja yang sakti. Ia merupakan keturunan dari Raja Mohammad Yusuf Syaiful Muluk Muidjuddin alias Malatuang yang menurunkan raja-raja yang memerintah di Kerajaan Tolitoli.

———————————————————————————————————————–
Sumber

– Suku Tolitoli: http://kekunaan.blogspot.co.id/2012/05/pulau-lutungan.html
Perkawinan Adat Suku Tolitoli: http://kekunaan.blogspot.co.id/2012/06/perkawinan-adat-suku-tolitoli.html

– Kerajaan Tolitoli: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sulawesi/tolitoli/

—————————————————————————————————————————-

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: