Suku Mentawai – Sumatera Barat

Suku Mentawai adalah penghuni asli Kab. Kepulauan Mentawai, provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten kepulauan Mentawai

Kabupaten kepulauan Mentawai

Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat

——————————————————————————————————————————————–
* Foto foto Suku Mentawai: link

* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link
—————————————————————————————————————————————-
Umumnya

Suku Mentawai adalah penghuni asli Kepulauan Mentawai. Sebagaimana suku Nias dan suku Enggano, mereka adalah pendukung budaya Proto-Melayu yang menetap di Kepulauan Nusantara sebelah barat. Daerah hunian warga Mentawai, selain di Mentawai juga di Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan. Suku ini dikenal sebagai peramu dan ketika pertama kali dipelajari belum mengenal bercocok tanam. Tradisi yang khas adalah penggunaan tato di sekujur tubuh, yang terkait dengan peran dan status sosial penggunanya.


Kepercayaan

Agama tradisional suku Mentawai disebut “Arat sabulungan”. Arat berarti adat, Sa berarti seikat dan bulungan berarti daun. Mereka menyebutnya Arat Sabulungan karena dalam setiap acara ritualnya mereka selalu menggunakan daun-daun yang dipercaya dapat menghubungkan manusia dengan Sang Maha Kuasa atau disebut sebagai Ulau Manua (Tuhan). Pada dasarnya Arat Sabulungan mengajarkan keseimbangan antara alam dan manusia. Kepercayaan itu mengajarkan bahwa manusia harus memperlakukan alam, tumbuh-tumbuhan, air, dan binatang seperti dirinya. Menurut Arat Sabulungan daun atau lebih luasnya lagi pohon atau hutan merupakan tempat bersemayam bagi para dewa-dewa yang harus dihormati. Secara khusus, penguasa hutan menurut kepercayaan suku Mentawai adalah Taikaleleu. Dialah yang memberikan hasil-hasil hutan bagi kelangsungan hidup mereka.
Sumber: http://geschiedenisfarizpratama.blogspot.co.id/2015/11/kebudayaan-suku-mentawai-sumatera-barat.html


Kebudayaan

Kebudayaan suku Mentawai sangat jauh ketinggalan dari suku lainnya di Indonesia. Mereka tidak mengenal menenun, membuat barang dari logam, makan sirih, meminum tuak, membuat tembikar, bertanam padi dan sebagainya. Kebudayaan material mentawai dapat dikatakan kebudayaan kayu. Mereka tidak membuat benda benda kebutuhan dari logam ataupun batu, sebagai umumnya manusia pada zaman batu membuat alat-alat keperluan dari batu, misalnya kapak, alat pengolah tanah, patung dan sebagainya.

Oleh kerena itu di Mentawai tidak terdapat zaman batu, hal ini juga adalah suatu sebab sulitnya untuk mengetahui asal-usul orang mentawai. Biasanya para ahli pra sejarah untuk mengetahaui latar belakang sejarah maupun latar belakang kebudayaan dari suku bangsa adalah dengan melakukan penggalian dan analisa benda-bendanya pra sejarah yang mereka temukan.

Kebudayaan suku Mentawai boleh dikatakan kebudayaan kayu dan kebudayaan daun. Orang mentawai membuat benda-benda kebutuhan sehari-hari adalah dari kayu dan daun.
– Sumber: http://fathurrahmanid.blogspot.co.id/2015/06/kebudayaan-kepulauan-mentawai.html


Masyarakat

Sebagian besar penghuni pulau-pulau di kabupaten Kepulauan Mentawai berasal dari pulau Siberut. Masyarakat suku Mentawai secara fisik memiliki kebudayaan agak kuno yaitu zaman neolitikum dimana pada masyarakat ini tidak mengenal akan teknologi pengerjaan logam, begitu pula bercocok tanam maupun seni tenun.

Masyarakat Mentawai menganut sistem Patrilineal yang disebut dengan Uma, yang mempunyai arti tempat tinggal. Uma didiami oleh beberapa orang yang masih berhubungan satu sama lain dalam hal keturunan, menjadi pusat kehidupan adat, yang memperhitungkan dan mempersatukan. Meskipun mereka mendirikan rumah lain di tempat yang jauh, namun komunikasi dengan Uma tetap ada, sebab Uma merupakan rumah induk. Di Mentawai terdapat tiga macam rumah.
Sumber: http://fathurrahmanid.blogspot.co.id/2015/06/kebudayaan-kepulauan-mentawai.html

—————————————————————————————————————————————
Sumber

Tentang Suku Mentawai: http://suku-dunia.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-suku-mentawai.html
– Tentang Suku Mentawai: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Mentawai
Tentang Suku Mentawai: http://www.sukumentawai.org/id/sejarah/
– Tentang Suku Mentawai: http://protomalayans.blogspot.co.id/2010/04/mentawai.html
Budaya Suku Mentawai: http://masadera.com/2016/03/03/budaya-suku-mentawai/

——————————————————————————————————————————————–

 ——————————————————————————————————————————————-

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: