Suku Jawa – Jawa

Suku Jawa (Bahasa Jawa Ngoko: ꦮꦺꦴꦁꦗꦮ Wong Jawa, bahasa Jawa Krama: ꦠꦶꦪꦁꦗꦮꦶ Tiyang Jawi) merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Setidaknya 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa.

Lokasi pulau Jawa

———————————————————————————————————————————–
* Foto Jawa dulu, situs kuno dan Batavia: link

* Foto foto suku Jawa: link
——————————————————————————————————————————-
Umumnya

Orang Jawa sering juga menyebut dirinya Wong Jowo atau Tiang Jawi. Jumlah populasinya paling banyak dibandingkan dengan suku-suku bangsa lain, dan wilayah asal serta wilayah persebarannya di selurug Indonesia juga paling luas. Program transmigrasi penduduk Jawa ke pulau-pulau besar lain sudah dimulai oleh pemerintahan jajahan Belanda sejak abad ke-18, seperti transmigrasi orang Jawa ke perkebunan besar di sekitar Deli Serdang di Sumatera Utara dan ke daerah provinsi Lampung. Pada abad itu banyak pula orang Jawa yang dibawa ke berbagai perkebunan di Suriname (Amerika Selatan), ke Afrika Selatan, dan ke Haiti di Lautan Teduh (Pasifik).

——————————————————————————————————————————————
Masyarakat Suku Jawa

Kesatuan hidup setempat masyarakat Jawa yang utama adalah desa yang dikepalai oleh seorang lurah atau Kepala desa. Setiap desa terdiri atas beberapa bagian yang disebut dukuh (kampung) yang masing-masing dikepalai oleh seorang Kepala Dukuh. Rumah-rumah penduduk yang terdapat dalam sebuah dukuh dilengkapi dengan lumbung padi, kandang ternak dan perigi. Di setiap desa terdapat sebuah balai desa tempat pertemuan pemerintahan desa, sebuah mesjid, beberapa buah langgar (mesjid kecil), sekolah, dan pasar yang hanya ramai sekali seminggu.


Kepercayaan

Mayoritas orang Jawa menganut agama Islam (sekitar 95%). Masyarakat Muslim Jawa umumnya dikategorikan ke dalam dua golongan, yaitu kaum Santri dan Abangan. Kaum santri mengamalkan ajaran agama sesuai dengan syariat Islam, sedangkan kaum abangan walaupun menganut Islam namun dalam praktiknya masih terpengaruh Kejawen yang kuat.

Orang Jawa juga ada yang menganut agama Kristen (sekitar 4%), baik Protestan maupun Katolik. Sama seperti muslim Jawa, orang Jawa Kristen juga ada yang disebut Kristen abangan yang masih terpengaruh Kejawen yang kuat. Orang Jawa Kristen kebanyakan tersebar di Salatiga, Surakarta, Magelang dan Yogyakarta di mana penganut Kristen mencapai 15% hingga 25% dan penganut Islam sekitar 75% hingga 85%.

————————————————————————————————————————————–
Budaya suku Jawa

Budaya Jawa adalah budaya yang berasal dari Jawa dan dianut oleh masyarakat Jawa khususnya di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Budaya Jawa secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 yaitu budaya Banyumasan, budaya Jawa Tengah-DIY dan budaya Jawa Timur. Budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian dalam kehidupan sehari hari. Budaya Jawa menjunjung tinggi kesopanan dan kesederhanaan. Budaya Jawa selain terdapat di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur terdapat juga di daerah perantauan orang Jawa yaitu di Jakarta, Sumatera dan Suriname. Bahkan budaya Jawa termasuk salah satu budaya di Indonesia yang paling banyak diminati di luar negeri. Beberapa budaya Jawa yang diminati di luar negeri adalah Wayang Kulit, Keris, Batik dan Gamelan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Jawa

——————————————————————————————————————————–
Sumber

– Suku Jawa: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Jawa
– Suku Jawa: http://suku-dunia.blogspot.co.id/2014/10/sejarah-suku-jawa.html
– Suku Jawa: http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1122/suku-jawa
– Suku Jawa: http://deutromalayan.blogspot.co.id/2012/10/suku-jawa.html
– Asal usul Suku Jawa: http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/asal-usul-suku-jawa-orang-jawa-harus.html
– Sejarah Suku Jawa: http://nettik.net/asal-usul-sejarah-suku-jawa-2/
– Asal usul Suku Jawa: http://www.infoyunik.com/2015/09/sejarah-asal-usul-suku-jawa-di-indonesia.html

– Budaya Jawa: https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Jawa

—————————————————————————————————————————-

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: