Sulawesi, perang Bone, 1859

——————————————————————————————————–
Perang Bone (1859) adalah ekspedisi balasan yang dilancarkan oleh KNIL atas Kesultanan Bone di Sulawesi pada tahun 1859.
Pada tanggal 13 November 1858, GubJend. mengundang komandan angkatan darat dan laut untuk menyusun rencana ekspedisi ke sana yang akhirnya dipimpin oleh MayJend. ECC. Steinmetz; jabatan komisaris pemerintahan dilimpahkan kepada PJB. de Perez, wakil ketua Dewan Hindia-Belanda. Pada tanggal 12 Januari 1859, panglima tertinggi berlayar ke sana menaiki kapal Princes Amelia selama seminggu dan mengirim ultimatum kepada sultanah, di mana pernyataan pemerintah dijabarkan dan penyelesaikan diperlukan. Ketika dalam waktu 3 x 24 jam setelah pengiriman dokumen tersebut tak ada balasan, Belanda mengumumkan perang terhadap Bone. Pada tanggal 12 Februari pasukan mendarat, dan kemduian membentuk 3 barisan penyerbu dan menaklukkan kampung Lonrae, Bola-Telu-Telang dan Bajoe.
bermacam penyakit turut membuat jumlah pasukan Belanda berkurang: pada tanggal 6 Maret ada 161 prajurit yang sakit dan seminggu kemudian jumlah ini membengkak jadi 210; komisaris pemerintahan sipil terserang stroke dan akibatnya meninggal pada tanggal 17 Maret (ia digantikan oleh Gubernur Makassar, Schaap); pada tanggal 29 Maret keadaan begitu gawat karena penyakit sehingga ekspedisi mulai dipertimbangkan untuk dihentikan. Penyakit kolera juga mulai menyerang prajurit; pada tanggal 4 April, benteng dalam keadaan bertahan, di mana pendudukan harus ditinggalkan; di saat bersamaan, angkatan laut harus memblokade pantai. Komandan pasukan menyerukan panglima tertinggi Waleson melalui surat untuk tetap di Bone dan sekarang memanggil dewan perang bersama, yang bersepakat untuk kembali ke Batavia (kini Jakarta) karena keadaan kesehatan yang buruk. Secara keseluruhan, ekspedisi ini gagal karena tidak ada keputusan politik apapun dan para pejuang Bone masih belum terkalahkan. Ekspedisi berikutnya perlu disepakati atas kuasa gubernemen di Bone.

Sumber: Wiki
—————————————————————————————————

bone 1859 - Serbuan kavaleri ke Bone.

  Serbuan kavaleri ke Bone.

——————————————————————————————————————-

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: