Huaulu, suku / P. Seram – prov. Maluku

Suku Huaulu tinggal di wilayah utara Pulau Seram, kab. Maluku Tengah.

Suku Huaulu yang tinggal di wilayah utara Pulau Seram dan Suku Naulu yang menempati wilayah pesisir Selatan Pulau Seram.
Pada awalnya, negeri-negeri atau desa-desa adat yang berada pada Pulau Seram maupun Maluku pada umumnya, berada pada satu kekuasaan kerajaan, yakni Kerajaan Nunusaku yang merupakan kerajaan pertama di Nusa Ina.

Pulau Seram


Tentang rumah adat (Baileo)

Bagi suku Huaulu memiliki arti yang sangat penting. Sejak masa lalu, rumah adat mereka yang disebut Baileo ini menjadi salah satu hal yang paling menonjol dari kehidupan di pemukiman Huaulu. Bahkan, untuk mendirikan sebuah rumah Baileo, Suku Huaulu biasa mengadakan upacara dengan berbagai ritual di dalamnya. Konon, dalam ritual ini sebuah Baileo harus menggunakan tengkorak manusia yang merupakan musuh-musuh suku Huaulu yang telah mati sebagai pondasi utama dari tiang-tiang di seluruh bangunan. Namun, seiring perkembangan jaman, ritual ini pun diganti dengan sebuah tempurung kelapa pada setiap tiangnya.

Sebenarnya Baileo merupakan rumah adat utama yang menjadi tempat berkumpulnya seluruh warga desa. Pada masa lalu, Baileo juga biasa dijadikan sebagai rumah Raja atau Kepala Desa dan juga tempat beribadah. Mereka biasa mengadakan pertemuan terkait kehidupan warga atau bahkan pembicaraan mengenai strategi perang melawan musuh-musuh mereka. Namun dalam kehidupan modern, fungsi Baileo sama seperti Balai Desa. Warga desa Huaulu biasa melakukan rapat desa dan berbagai upacara adat di Baileo. Baileo memang bukan rumah tinggal warga, namun dari bentuk umum Baileo, kita juga akan mendapatkan gambaran rumah tradisional Suku Huaulu.

Secara umum, Baileo berbentuk seperti rumah panggung. Baileo memiliki banyak tiang penyangga yang biasanya diberi hiasan ukiran yang menunjukkan bahwa Baileo merupakan rumah istimewa dibandingkan rumah lainnya. Menaiki sebuah tangga berukuran sekitar 1,5 meter dan kita akan memasuki ruang utama Baileo yang merupakan tempat berkumpulnya seluruh warga desa. Tempat ini cukup besar dan terbuka tanpa adanya penyekat jendela atau pintu. Tempat duduk yang sangat panjang terdapat di sekeliling bagian dalam bangunan dan dapat digunakanakan untuk berbagai hal seperti duduk, rapat, bahkan makan besar secara bersama-sama. Di salah satu sudut Baileo, terdapat satu ruangan yang biasa dijadikan ruangan privasi berupa kamar tidur. Uniknya, kamar tidur ini tidak sekedar difungsikan sebagai tempat istirahat layaknya rumah modern. Suku Huaulu juga menggunakan ruangan ini untuk memasak dan kegiatan rumah tangga lainnya.
– Sumber: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/mencintai-alam-melalui-sebuah-bangunan-adat-suku-huaulu

Afbeeldingsresultaat voor rumah adat suku huaulu


Tentang suku Huaulu

Suku Huaulu yang tinggal di wilayah utara Pulau Seram dan Suku Naulu yang menempati wilayah pesisir Selatan Pulau Seram.

Suku Naulu dan Suku Huaulu sebenarnya masih berada dari satu nenek moyang. Konon, pada jaman dahulu mereka berasal dari satu ayah dengan ibu yang berbeda. Karena permasalahan adat, maka keduanya dipisahkan dengan tujuan satu ke utara dan lainnya selatan. Sejak itu, kedua suku ini berkembang pesat menjadi Naulu dan Huaulu.

Kebanyakan masyarakat suku ini, belum memeluk agama dan masih membawa kepercayaan yang diwariskan secara turun menurun oleh nenek moyang. Tradisi memenggal kepala ini dilakukan sejak zaman dulu, ketika perang antarsuku masih marak terjadi. Selain itu, raja raja suku Naulu zaman dulu menggunakan tradisi ini untuk memilih menantu laki-laki dan saat melakukan ritual Pataheri, yakni meresmikan kedewasaan seorang laki-laki.


Sumber

– Rumah adat (Baileo) suku Huaulu): https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/mencintai-alam-melalui-sebuah-bangunan-adat-suku-huaulu
– Tentang suku Huaulu: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/mencintai-alam-melalui-sebuah-bangunan-adat-suku-huaulu
– Tentang rumah suku Huaulu (bah. inggris): https://culturencyclopedia.blogspot.com/2018/11/unique-house-from-huaulu-tribe-for.html
– Tentang suku Huaulu: https://www.academia.edu/28974016/Wisata_Kampung_Adat_Huaulu_di_Pulau_Seram_Maluku