Bandaneira, negeri / P. Bandaneira – Prov. Maluku

Negeri Bandaneira terletak di P. Bandaneira, prov. Maluku.
Pulau dan kota ini memiliki jejak sejarah di mana-mana di bawah pemerintahan Perusahaan India Timur Belanda.  Dari 1609 hingga 1798, Banda Neira adalah pusat Pemerintah Kepulauan Banda Belanda. Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dunia.

Lokasi P. Bandaneira


Lokasi P. Bandaneira


Sejarah negeri Bandaneira

Penulis: Djulianto Susantio

Dalam naskah kuno Nagarakretagama dari masa Kerajaan Majapahit (abad ke-14), Kepulauan Banda dikenal dengan nama Wanda. Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang singgah di Banda untuk membeli rempah-rempah pada 1512.

Bandaneira sangat cocok untuk budidaya pala dan fuli. Monopoli perdagangan produk-produk ini adalah tujuan utama yang menjadi tujuan VOC belanda. Karena orang-orang Banda tidak setuju dengan monopoli setelah upaya berulang-ulang, ini menyebabkan pendudukan pada 1619 dan untuk pemberantasan penduduk oleh VOC pada 1621.

Sejak saat itu, imigran Asia dibawa masuk dan mantan pelayan VOC ditunjuk sebagai manajer perkebunan pala di Banda, inilah yang disebut tunjangan.

Setelah Portugis, selanjutnya Belanda mengembangkan Bandaneira sebagai kota yang bergaya Eropa. Catatan sejarah menyebutkan perebutan monopoli rempah-rempah pernah terjadi di Bandaneira. Maka, peperangan pun kerap terjadi antara bangsa asing untuk menguasai perdagangan rempah-rempah. Tidak heran di Kepulauan Banda banyak terdapat benteng pertahanan.

Di Neira terdapat Benteng Belgica, yang awalnya dibangun oleh Portugis pada 1602-1611. Setelah dihancurkan, di lokasi benteng Portugis tersebut dibangun kembali sebuah benteng oleh VOC Belanda atas perintah Gubernur Jendral Pieter Both pada 1611. Benteng tersebut diberi nama Fort Belgica. Saat ini kondisi benteng sudah bagus karena pernah dipugar. Benteng Belgica telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995. Karena waktu itu berperan sebagai wilayah penting, maka di Neira juga terdapat Benteng Nassau. Benteng ini pertama kali dibangun oleh Portugis pada 1529.


Marga, SOA dan Pela / Gandong negeri Bandaneira

1) Nama Marga

Bernard
Donlou
Ginzel
Hiariej
Hogendorp
Latumaerissa
Leunissen
Montanus
Philippus
Rommers
Sahilatua
Tijssenraad
Traija
Vries, de
Waney

– Sumber: https://www.atlas-maluku.nl/?entry=locatie&regio=2430&eiland=3551&familie_id=0&kampong=331

2) SOA

Untuk SOA, klik: http://www.nunusaku.com/pdfs/LastNamesbyVillage05_28_07.pdf

3) Cari nama marga dan negeri

Daftar nama marga di Maluku, dan Negeri: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan marga: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan marga: Atlas Maluku

4) Pela dan Gandong

Tidak ada info tentang pela / gandong negeri Bandaneira.

Sumber daftar Pela dan Gandong:
Atlas Maluku
Kumpulan Pela dan Gandong
Nunusaku.com


Istana mini Bandaneira

Istana Mini dibangun pada 1622.
Dulunya bangunan ini digunakan Belanda sebagai kantor administrasi pemerintahan serta kediaman resmi gubernur dan residen yang memerintah di Banda. Gedung ini pernah digunakan Jan Pieter San Coen yang ditugaskan Kerajaan Belanda untuk mengatur dan mengurusi perdagangan di Kepulauan Banda.

Di samping Istana Mini, traveler bisa menemukan Rumah Gubernur VOC. Di rumah inilah gubernur VOC dahulunya menetap dan mengurusi monopoli perdagangan rempah di Banda.

Istana Mini

Afbeeldingsresultaat voor istana mini bandaneira

————————–
Rumah gubernur VOC

Rumah gubernur VOC (Syanti/detikTravel)


Benteng Belgica

Benteng Belgica pada awalnya adalah sebuah benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad 16 di Pulau Neira, Maluku. Lama setelah itu, di lokasi benteng Portugis tersebut kemudian dibangun kembali sebuah benteng oleh VOC atas perintah Gubernur Jendral Pieter Both pada tanggal 4 September 1611. Benteng tersebut kemudian diberi nama Fort Belgica, sehingga pada saat itu, terdapat dua buah benteng di Pulau Neira yaitu; Benteng Belgica dan Benteng Nassau. Benteng ini dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.
Pada tanggal 9 Agustus 1662, benteng ini selesai diperbaiki dan diperbesar sehingga mampu menampung 30 – 40 serdadu yang bertugas untuk menjaga benteng tersebut.
– Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Belgica

Benteng Belgica

Afbeeldingsresultaat voor fort belgica banda neira


Benteng Nassau

Benteng Nassau adalah benteng Belanda pertama yang dibangun di Pulau Neira, Kepulauan Banda, Maluku. Benteng ini selesai dibangun pada tahun 1609 tujuannya adalah untuk mengontrol perdagangan pala, yang pada saat itu waktu itu hanya tumbuh di Kepulauan Banda.

Portugis sebelumnya telah berusaha untuk membangun sebuah benteng di lokasi ini pada tahun 1529, tetapi setelah membangun fondasi, mereka meninggalkan pekerjaan karena adanya resistansi dari penduduk setempat. Pada 25 April 1609, komandan armada Belanda, Laksamana Verhoeven, mengirim 750 tentara untuk memulai membuat benteng di Maluku, kemudian mereka memilih bekas fondasi bangunan benteng yang telah dibuat oleh Portugis sebelumnya. Terancam oleh benteng dan kehadiran kekuatan Belanda, juga menentang rencana Belanda untuk memonopoli industri pala, maka orang Banda menyerang Belanda dan membunuh Laksamana Verhoeven dan 40 anak buahnya.

Belajar dari kejadian tersebut, Belanda mempercepat pembangunan benteng dan akhirnya selesai pada tahun 1609. Selain menjadi tempat pertahanan, benteng ini juga menjadi kantor administrasi Belanda di Pulan Banda. Pembangunan benteng lainnya menyusul di Banda Besar antara lain Benteng Hollandia dan Benteng Belgica.
– Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Nassau


Subjek penting budaya Maluku

1) Penjelasan Baileo negeri Maluku
2) Foto foto Baileo di Maluku
3) Penjelasan Pela dan Gandong
4) Penjelasan Panas Pela
5) Struktur pemerintahan dan masyarakat negeri Maluku
6) Penjelasan Fam, marga dan SOA
7) Lain (belum ada)

Untuk subjek penting, klik di sini


Peta Maluku kuno

Untuk peta kuno Maluku, 1493, 1616, 1630, 1700, 1706, 1714, 1750, 1750, 1753, 1756, 1764 klik di sini

Peta Maluku tahun 1640


Sumber

– Sumber daftar Pela dan Gandong: Atlas Maluku
– Sumber daftar Pela dan Gandong: Kumpulan Pela dan Gandong
– Sumber daftar Pela dan Gandong: Nunusaku.com

– Daftar nama matarumah dan negeri di Maluku: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan Matarumah: nunusaku.com/pdfs

– Penjelasan Pela dan Gandong: http://pelagandong.blogspot.com/2013/05/pengertian-pela-dan-gandong-sebagai.html
– Penjelasan Pela dan Gandong: https://id.wikipedia.org/wiki/Pela
– Penjelasan Pela dan Gandong: http://historymaluku.blogspot.com/2016/06/pela-gandong-hanya-di-maluku.html

———————

– Struktur pemerintahan dan masyarakat Negeri di Maluku: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/maluku/struktur-pemerintahan-dan-masyarakat-negeri-maluku/
Sejarah Maluku: http://pelangimaluku.blogspot.co.id/2008/05/sejarah-maluku.html
– Sejarah Maluku: http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2011/03/maluku-merupakan-salah-satu-propinsi.html
Sejarah Maluku: https://singalodaya.wordpress.com/2009/10/07/sejarah-maluku/comment-page-1/

– Suku di Maluku: http://www.lasamahu.com/2011/06/mengenal-suku-maluku-dari-dekat.html
– Asal usul penduduk Maluku:
http://www.angelfire.com/home/SiAPAPorto/asal_usul_mal.htm