Sembalun, desa / P. Lombok – Prov. Nusa Tenggara Barat

Sembalun merupakan salah satu desa tertua dari 13 desa tertua yang ada di pulau Lombok. Sembalun adalah nama sebuah kecamatan di Lombok Timur, jaraknya sekitar 2,5 jam dari kota Mataram. Terdiri dari 6 desa, salah satunya adalah desa Sembalun yang berjarak 0,25 km dari ibu kota kecamatan.

Lokasi Sembalun di P. Lombok

Lokasi P. Lombok


* Foto foto intervensi belanda di Lombok, 1894: link
* Foto foto suku Sasak: link
* Foto foto situs kuno di pulau Lombok: link


Sejarah desa Sembalun

Dusun adat Beleq merupakan cikal bakal masyarakat Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Sembalun merupakan salah satu desa tertua dari 13 desa tertua yang ada di pulau Lombok selain dari desa Bayan, Bebekeq, Medayin, Kedaro, Batudengdeng, Selaparang, Suradadai, Benoa, Pejaggik, Jerowaru, Langko dan Peraya. Sembalun yang merupakan pintu pendakian gunung rinjani ini dahulunya bernama “Sembahulun” yang berasal dari bahasa jawa kuno.

Pada mulanya Sembahulun sesungguhnya sudah di diami oleh sekelompok manusia yang menganut faham animisme (wetu telu). Keyakinan inilah pertama – tama dianut oleh mereka yang mendiami gumi Sembahulun. Pada akhir abad ke-14 semasa Selaparang hindu, ketika gunung Rinjani meletus, pemimpin mereka memerintahkan pendududk meningalkan Sembalun untuk mengindari aliran lava panas yang sangat dahsyat.

Setelah mengungsi sekian tahun lamanya, saat kondisi mulai aman, ternyata hanya 7 pasang orang atau tujuh pasang kepala keluarga yang dapat kembali ketempat semula, lalau mereka kembali membangun tempat mereka yang telah porak poranda oleh letusan gunung rinjani.
Tempat itu kemudian di sebut Dusun adat Beleq.

– Untuk sejarah lengkap, klik di sini

Desa Sembalun

Afbeeldingsresultaat voor sejarah desa sembalun


Pusaka dan Kitab berusia 13 abad di Sembalun Bumbung

Untuk Pusaka dan Kitab Berusia 13 Abad di Sembalun Bumbung, klik di sini


Sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok permulaan

Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu.

Di Lombok, dalam perkembangannya meninggalkan jejak berupa empat kerajaan utama saling bersaudara, yaitu Kerajaan Bayan di barat, Kerajaan Selaparang di Timur, Kerajaan Langko di tengah, dan Kerajaan Pejanggik di selatan. Selain keempat kerajaan tersebut, terdapat kerajaan-kerajaan kecil, seperti Parwa dan Sokong serta beberapa desa kecil, seperti Pujut, Tempit, Kedaro, Batu Dendeng, Kuripan, Samarkaton dan Kentawang. Seluruh kerajaan dan desa ini selanjutnya menjadi wilayah yang merdeka, setelah kerajaan  Majapahit runtuh. Di antara kerajaan dan desa itu yang paling terkemuka dan paling terkenal adalah Kerajaan Lombok yang berpusat di Labuhan Lombok.


Kajian tentang sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok

Untuk kajian ini, klik di sini


Sumber

– Sejarah desa Sembalun: https://backpackerindonesia.com/node/37330/sejarah-salah-satu-desa-tertua-di-lombok/
– Sejarah desa Sembalun: https://www.tulismenulis.com/sejarah-lahirnya-desaku-sembahulunsembalun/
– Sejarah Sembalun: http://lomobokmirah.blogspot.com/2016/08/sejarah-sembalun_5.html