Cirebon Larang, kerajaan / Prov. Jawa Barat – wilayah Cirebon

Kerajaan Cirebon Larang adalah sebuah kerajaan pra-Islam di wilayah Cirebon sekarang, yang berada di bawah Kerajaan Pajajaran. Berdiri abad ke-15.
Kerajaan Cirebon Larang atau Kerajaan Pasambangan cikal bakal Kesultanan Cirebon.

Lokasi Kab. Cirebon, Jawa


* Foto situs kuno di Jawa: link
* Foto Jawa dulu: link


Sejarah kerajaan Cirebon Larang

Garis sejarah kerajaan di Jawa / Line of history of kingdoms on Jawa: link

Lokasi Cirebon Larang tadinya merupakan kawasan hutan di wilayah Cirebon Pesisir yang biasa disebut Tegal Alang-Alang atau Lemah Wungkuk. Disana Raden Walangsungsang dibantu oleh 52 orang penduduk membuka tempat pemukiman pada tahun 1445 M.

Sebelum Walangsungsang mendirikan pemukiman di Cirebon Larang, sebenarnya di sekitar wilayah tersebut telah berdiri pakuwuan (di bawah wilayah Kerajaan Singhapura) yang dipimpin oleh Ki Danusela. Tetapi dengan ilmu dan kecakapan dari Walangsungsang, pakuwuan tersebut semakin berkembang dan tertata rapi.
Penunjukan Ki Danusela sebagai kuwu pertama di Cirebon Larang, karena jabatan tersebut telah disandangnya sebelum Walangsungsang datang dan mendirikan pemukiman baru. Ketokohan Ki Danusela rupanya masih diperhitungkan dan dihormati oleh penduduk setempat maupun Walangsungsang sendiri.

Ki Danusela adalah adik dari Ki Gedeng Danuwarsih (mertua dari Walangsungsang). Istri Ki Danusela bernama Nyi Arum Sari dari Cirebon Girang. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang putri yang bernama Nyi Retna Riris.
Selain diperintahkan untuk membuka lahan baru, pada tahun 1448 M, setelah selesai membangun tempat pemukiman baru yang semakin maju.

Sri Baduga Maharaja berkuasa, sangat kharismatik, disegani serta dihormati oleh seluruh rakyat barat Jawa. Sehingga Raden Walangsungsang pun mungkin merasa segan untuk memerdekakan diri dari kekuasaannya saat itu. Tetapi setelah tahta Pajajaran turun pada Surawisesa (saudara seayah Raden Walangsungsang), maka Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Cirebon Larang dianggap sederajat. Sejak itulah, status Cirebon Larang yang tadinya hanya sebuah kerajaan bawahan Pajajaran kini berubah menjadi Kesultanan Cirebon yang merdeka.
– Sejarah lengkap: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Cirebon_Larang


Sumber

– Sejarah kerajaan Cirebon Larang: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Cirebon_Larang


Peta kuno Jawa

Untuk peta kuno Jawa tahun 1598,  1612, 1614, 1650, 1660, 1800-an, abad ke-18, 1840 klik di sini

Jawa, awal abad ke-18

1234